Minggu, Maret 25, 2012

Beberapa Istilah Bahasa Medan

Pada dasarnya, orang medan menggunakan Bahasa Indonesia. Penduduk kota Medan terdiri dari berbagai etnis, tak hanya Batak dan Melayu saja. Oleh karena itu, orang medan memiliki bahasa yang unik, yang tak berlaku di daerah lain di Indonesia.

Akibat adanya perbedaan ini, terkadang terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan. Berikut ini ada beberapa istilah dalam Bahasa Medan yang mungkin sudah biasa kita dengar, namun bagi orang Medan pengertiannya bebeda...

A

Angek : iri
contoh : Angek kali aku sama dia, dia dapat buku baru, awak enggak

Atret : mundur
contoh : mobil itu mau atret

Awak : saya/aku (namun ada juga orang medan yang mengartikan kamu)
contoh : Bang, awak kue lah, abang mau? (awak = saya/aku)
Palak awak iya? (awak = kamu)

Anggar Jago : sok jago
contoh : jangan anggar jago kau disini

B

Bang : panggilan untuk orang (pria) yang lebih tua atau dituakan
contoh : nama abang siapa?

Bante : bantai
contoh : aku gak dikasi pergi sama emakku, tapi kubante pergi aja

Balen : minta/bagi
contoh : ih banyak kali kue mu, balen lah, lapar aku

Bereng : melirik tajam
contoh : tadi aku diberengi kakak itu

Belacan : terasi
contoh : tak sedap rasanya kalau makan tak pakai sambal belacan

Berondok : bersembunyi
contoh : jangan berondok disitu, goplah nanti

Brus : sikat
contoh : dimana tadi kau letakkan brus itu?

Bedangkik : Pelit
contoh : bedangkik kali lah abang itu

Berserak : kecelakaan
contoh : semalam si ucok beserak

Betekak : Berdebat
contoh : jangan betekak aja kerja kalian dua

C

Cengkal : keras kepala
contoh : kau janganlah cengkal kali jadi orang

Cakap : berbicara
contoh : ah banyak kali pun cakap dia itu, tak bisa diam

Congok : rakus
contoh : anak itu congok kali, semua dimakannya

Corot : nomor/urutan paling terakhir
contoh : si butet dapat ranking corot di kelasnya

Cemana : bagaimana (singkatan dari macam mana)
contoh : cemana pula ini, aku mau pergi tadi kereta aku rusak

Celit : pelit
contoh : kakak ini kok celit kali samaku

D

Dayung : dayung/gowes
contoh : dayung sepedamu kencang kencang ya

Degil : nakal, bandel
contoh : degil kali anak satu ini, tak bisa dibilangin

Deking : Backing, orang yang mendukung
contoh : siapa deking kau memang?

E

Enceng : keluar dari permainan
contoh : enceng lah aku, kau pun curang

Ecek-Ecek : Pura pura
contoh : kita main ya, ecek ceknya kau jadi dokter

Es Kosong : Air putih/air minum yang hanya dicampur es
contoh : aku mau minum es kosong aja lah

F



G

Gibal : Hajar/pukul
contoh : jangan betingkah kali kau, kenak gibal kau nanti

Galon : Pom Bensin / SPBU
contoh : jangan lupa kau isi minyak ke galon simpang itu ya

Getek : genit
contoh : abang itu getek kali

Gondok : kesal
contoh : gondok kali aku sama dia, dia punya banyak pun, gak dikasinya aku satupun

H

Hajab : Hancur
contoh : hajab kita, rusak pula kereta dia ini kita buat

I



J

Jorok : Kotor
contoh : iss dari mana aja kau? jorok kali bajumu

Jengat : Jungkit
contoh : sepeda aku dinaikin sama orang itu berempat, sampe jengat keatas

Jontik : ganjen/genit
contoh : jontik kali lah abang itu, semua cewek yang lewat diganngunya

K

Kekeh : ketawa
contoh : kekeh kali awak liat dia, tah macam apalah muka dia itu

Kali : sangat, banget
contoh : is bagus kali baju baru kakak itu

Keknya : sepertinya (singkatan dari kayaknya)
contoh : keknya aku gak bisa datang kerumah kakak besok

Kereta : sepeda motor
contoh : kereta baru uwak itu warna hitam

Kongsi : Berbagi
contoh : kita makan kongsi sepiring aja ya

Kombur : cerita bualan, cerita bohong, cerita karangan
contoh : ah aku tak percaya sama dia itu, berkombur saja kerjanya

Koyok : obrolah, omongan
contoh : semalam kami koyok koyok dirumahnya

Kembut/Kiput : deg degan, takut
contoh : kembut dia pas dipanggil Kepala Sekolah

Kedai : warung
contoh : bapak aku tadi pergi ke kedai kopi

L

Lantam : suka berbicara berlebihan tanpa ada bukti
contoh : gak suka aku nengok anak itu, lantam kali mulutnya

Leong : putus
cobtoh : semalam leong layang layang aku

Lembu : sapi
contoh : uwak itu jualan lembu di pajak

Litak : lelah, capek, kerepotan
contoh : litak kali aku, cepat kali dia dayung sepeda, tak terkejar aku

Limpul : Lima Puluh (Rp.50 atau Rp.50.000)
contoh : pinjam dulu uang kalu limpul lah

Lasak : Banyak gerak, ga bisa diam
contoh : anak ini kok lasak kali


M

Mengkek : manja
contoh : mengkek kali anak itu, tak bisa lepas dari emaknya sekejap aja

Maju Kali : Sok hebat
contoh : maju kali adek itu ngelawan aku

Mentel : centil, ganjen
contoh : kau jadi cewek jangan mentel mentel kali lah

Mentiko : sikap yang tidak menyenangkan
contoh : mentiko kali lah kau jadi orang

Merajuk : ngambek, marah marah kecil
contoh : anak itu merajuk, gak tau aku kenapa

Minyak : bensin
contoh : jangan lupa kau isikan lagi nanti minyak keretaku ya

Mencong : tak lurus, miring
contoh : garis yang kau buat itu mencong mencong

Mob : gertak
contoh : tadi kawan aku kenak mob preman pajak

Minyak Makan : Minyak Goreng
contoh : mahal kali harga minyak makan di kedai depan itu

Minyak Lampu : Minyak Tanah
contoh : udah langka sekarang minyak lampu ya

Motor : mobil
contoh : tadi aku pergi sekolah naik motor

N

Ngeten : Ngintip
contoh : hati hati, abang itu tukang ngeten

O

Orang itu : mereka
contoh : kapan orang itu datang ke rumah?

P

Pasar : jalan raya
contoh : kalian jangan main di pasar ya

Pusing : putar
contoh : becak itu kenapa pusing pusing disini aja

Pajak : pasar
contoh : kalau mau cari ikan segar, beli di pajak aja

Palak : tidak senang, kesal (dibaca dengan k ringan, seperti pala')
contoh : palak kali aku sama dia, dirusakkannya kereta aku

Pala : Seberapa
contoh : PR aku tadi gak pala susah la

Paten : bagus, top
contoh : paten kali lagu buatan dia itu, suka aku

Pulut : ketan
contoh : enak kali pulut buatan emak si ucok

Pesong : gila, hilang ingatan
contoh : hati hati kalau lewat gang depan itu, ada orang pesong disitu

Pasal : gara-gara
contoh : kau jangan suka cari pasal (pasal = gara gara)

Petentengan : belagu, banyak lagak
contoh : kau jangan petentengan disini


Q



R

Rupanya : ternyata
contoh : rupanya dia udah beli rumah baru

Recok : berisik, ribut
contoh : kalian jangan recok recok ya

Rol : Penggaris, mistar
contoh : pinjam rol kau lah, tah dimana punyaku

Raun - Raun : mutar mutar, keliling keliling
contoh : semalam uwak itu ngajak aku raun raun naik becaknya

S

Semalam : kemarin (pagi, siang atau malam)
contoh : semalam emak aku pulang dari jakarta

Setrap : dihukup berdiri di depan kelas
contoh : tadi aku terlambat, kenak setrap sama ibu guru

Slek : bermasalah
contoh : aku lagi gak bercakap sama dia, slek kami

Semen : lantai
contoh : kau jangan tidur di semen, nanti masuk angin

Sur/Sor : Asyik
contoh : sor kali aku main game ini

Siap : selesai
contoh : Kerjaan kau sudah siap?

Sesak : kebelet
contoh : toilet dimana? udah sesak kencing aku

Selop : semua jenis sandal
contoh : jangan lupa pakai selopmu

Setip : Penghapus
contoh : eh pinjam dulu lah setipmu, ilang setipku

Sikit : sedikit
contoh : tah apanya anak itu, sikit sikit merajuk

T

Tokoh : Tipu
contoh : kau jangan suka tokohin aku ya

Totong : sebutan alat kelamin laki laki untuk anak anak
contoh : totong si ucok digigit semut

Teh Manis Dingin (mandi) : Es Teh Manis
contoh : bang pesan mandi 1 ya

Teh Tong : teh tawar
contoh : aku suka minum teh tong

Tepung Roti : tepung terigu
contoh : belikan dulu mak tepung terigu ya

Tenggen : mabuk karena minuman keras
contoh : tenggen tadi bapak itu

U

Ubi Rambat : Ubi Jalar
contoh : semalam emak aku goreng ubi jalar

Ubi Kayu : Singkong
contoh : tadi emak aku beli ubi kayu di pajak

Uwak : panggilan sopan untuk orang yang sudah tua
contoh : uwak itu tinggal di depan rumahku

V



W

Woy : Panggilan untuk sekelompok orang
contoh : woy, jadi pergi kalian nanti?

X



Y



Z



Bahasa Medan mengikuti pola bahasa jawa, menggunakan lafal K ringan yang terletak di akhir, seperti pala' paja' bersera' dll.
Kalau ada kosa kata lain tolong dibantu kasih masukan ya, saya yakin masih banyak, terimakasih

Tidak ada komentar: